Selasa, 09 Desember 2008

Pengembangan Pembelajaran Efektif

Ada kecendrungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan memgetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi menggingat jangka pendek tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang.

Pendekatan kontektual(Contextual Teaching and Learning /CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlansung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil

Baca selengkapnya....

1 komentar:

Info Sekolah 4 Mei 2011 pukul 21.45  

Berbicara tentang pendidikan, tentunya tidak akan lepas dari masalah financial, dan dengan pengaturan financial (asuransi pendidikan) yang baik akan membuat pendidikan lebih terjamin.

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan artikel dan tulisan mengenai pengembangan pendidikan dan pembelajaran baik dari tulisan pemilik blog sendiri maupun dari sumber-sumber lain dengan mencantumkan sumber asli tulisan tersebut.
Kehadiran blog ini mudah-mudahan dapat memberi sedikit sumbangan bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Kita percaya bahwa Indonesia maju dengan pendidikan yang maju

Blog Archive

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP